Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Wednesday, December 30, 2009

Menghasilkan uang dari internet dengan affiliate marketing

Model bisnis ini sebenarnya sudah banyak dikenal para netter yang berkecimpung di internet marketing. Konsepnya sangat sederhana, yaitu kita menjual produk orang lain dan memperoleh komisi dari penjualan tersebut. Kepopuleran model bisnis affiliate marketing ini terlebih disebabkan karena sangat simple konsepnya dan kita tidak perlu repot-repot mempunyai produk sendiri.

Konsep yang sederhana ini akhirnya berkembang, banyak situs-situs yang menawarkan layanan affiliate product resorce, dimana situs tersebut menyediakan lahan promosi bagi para advertiser (pemilik produk) dan affiliate marketer (para penjual) untuk berinteraksi. Para affiliate marketer dengan mudah dapat memilih berbagai produk yang ingin dijual dari para advertiser tersebut. Sebutlah Commission Junction, Shareashale, Moreniche, Amazon, Clickbank, Click2sell dan masih banyak lagi. Yang saya sebutkan diatas adalah affiliate internasional, yang bisa diikuti oleh para marketer dari berbagai negara.

Bagaimana dengan affiliate lokal? nah , demam booming bisnis affiliasi ini gaungnya begitu membahana di Indonesia sepanjang tahun 2008-2009. Sebut saja para advertiser terkenal yang sudah tidak asing lagi seperti Cosaaranda , Joko Susilo, Anne Ahira dan masih banyak lagi para advertiser baru yang bermunculan sepanjang tahun 2008-2009. Nikmatnya duit dari affiliate business dan banyaknya pemakai internet yang meningkat lebih dari 200% tiap tahun di Indonesia menjadi jaminan bahwa bisnis ini tidak akan stagnan, bahkan akan terus berkembang. Para advertiser yang mempunyai produk berkualitas akan terus bertahan dan yang produknya abal-abal akan dengan sendirinya gulung tikar, yah begitu ketatnya persaingan di bisnis ini sehingga membutuhkan keseriusan dan ketekunan baik bagi advertiser (pemilik produk) maupun affiliate marketer (penjual).

Cara kerja bisnis affiliate marketing dimanapun adalah sama saja, yang membedakan adalah besaran/prosentase komisi yang diperoleh dari setiap penjualan. Konsepnya adalah anda mempromosikan affiliate link anda atau membuat website presell (website yang berisi review dari produk affiliasi yang akan kita jual dan berisi affiliate link kita). Apabila ada pengunjung yang mng-klik link tersebut, maka pengunjung akan dibawa ke website advertiser yang berisi produk yang kita jual. Apabila pengunjung tersebut tertarik dan melakukan transaksi, maka kita akan mendapatkan komisi. So simple isn’t it?

Tidak semua produk affiliasi tersebut sempurna, bahkan ada juga yang bermasalah. Baik masalah pada produknya maupun pemilik produk itu sendiri, Nah bro, karena anda sebagai penjualnya so, andapun bisa kena imbas dari masalah tersebut. So be careful , berhati-hatilah dalam memilih produk. Gunakanlah strategi affiliate marketing yang benar sehingga anda terhindar dari masalah dan menghasilkan uang melimpah.

0 comments: