Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Wednesday, December 30, 2009

Strategi bisnis affiliate marketing

Melanjutakan coretan saya tentang ”Menghasilkan uang dari internet dengan affiliate marketing”, dari coretan tersebut terkesan mudah sekali bisnis affiliate marketing ini, namun prakteknya di kancah dunia maya ini, tidak semudah itu bro. Terlalu banyak persaingan, sangat ketat sekali. Namun jangan pesimis dulu sebelum mencoba, atau bahkan anda telah mencoba dan sering gagal? Nah dont worry man, katanya Thukul Neper mend...!!!. Ok, bangkit dan mulai mempelajari kesalahan yang terjadi, lakukan berulang sampai anda menemukan strategi jitu yang tanpa anda sadari ini menjadi kunci kesuksesan anda.

Oke, langkah paling dasar adalah:
  • Tentukan produk yang ingin anda jual, atau paling tidak anda nyaman menjual produk tersebut.
  • Cari program afiliasi yang kredibel, baik dari segi kualitas produk, pemilik produk dan besaran komisi yang diberikan.
  • Kemudian promosikan produk anda.

Untuk langkah pertama dan kedua anda bisa belajar pada bung Nicko Martanyto dengan Genius Biz nya (recommended)

Berikut adalah beberapa teknik promosi produk afiliasi yang bisa anda gunakan:

Iklan Baris
Ha..ha.., jangan ketawa dulu bro, ini beneran. Cara yang paling mudah dan murah adalah melalui layanan iklan baris. Mudah banget kok menemukan layanan iklan baris, coba search google trus ketik ”iklan baris” atau ”iklan baris gratis” atau ”iklan baris gratis tanpa daftar” , lihat resultnya, melimpah bukan layanan iklan baris di Indonesia. Nah yang harus diperhatikan dalam promosi melalui iklan baris adalah teknik penulisan iklan, di Genius Biz Bung Tyo juga dijelaskan detail trik ’n tips jitu menulis iklan baris.

Iklan melalui PPC (Paid Per Click)
Metode ini yang paling saya sukai, ya beli iklan PPC semacam Google Adwords(lokal/luar negeri), KlikSaya(lokal), PPC indo(lokal) dll. Disini anda membeli space iklan di beberapa website yang berafiliasi dengan penyedia layanan PPC diatas. Anda tinggal buat iklan setting harga perklik iklan anda, trus silakan ditinggal tidur, PPC akan bekerja untuk anda mengiklankan produk affiliasi anda secara otomatis.

Artikel Marketing
Membuat review tentang produk afiliasi yang akan kita jual, sambil menyelipkan link afiliasi kita dalam artikel tersebut. Bagi yang punya blog, bisa langsung memposting artikel tersebut, bagi yang gak punya bisa memposting di situs-situs seperti shvoong dll.

Iklan Banner
Hampir mirip PPC yaitu kita menyewa banner space dari beberapa website yang mempunyai traffic (jumlah pengunjung) yang tinggi. Harganya bervariasi tergantung ukuran dan letak space yang ditawarkan, cuman iklan kita bukan berupa text tapi berupa banner/image ads. Contohnya bisa lihat di bekas.com dll.

Social Network Marketing
He..he.. anda pasti langsung inget Facebook bukan, ya kita emang bisa menggunakan media social media semacam Facebook,Twitter,Stumbleupon dll utk menjaring traffic. Untuk indonesia (target market anda orang Indonesia) kayaknya Facebook deh yang recommended.

Forum
Anda pasti pernah tahu forum-forum semacam Kaskus dan sebangsanya, nah pilih forum yang benar-benar sesuai dengan untuk bisa menjual produk anda. Daftar trus tempatkan link afiliasi anda pada signature pada. Trus cuap-cuap, share ato nulis apa aja di thread/posting forum. Biar signature anda terkenal. Cara ini juga ajib banget.

Email Marketing
Bukan nyepam orang lho maksudnya. Nyepam ato mengirimi email kepada banyak orang yang tidak kita kenal untuk promosi produk afiliasi kita benar-benar merupakan cara yang sangat tidak patut. Bagi penerima email ini adalah menyebalkan. So daripada diumpatin orang dan nambah dosa mending hindari deh. Gak berkah. Maksud email marketing ini adalah kita membuat semacam opt-in list email. Jadi anda malakukan list building, entah itu nawarin trik gratis,subscribe via email ala Feedblitz, ato apa aja yang membuat orang dengan ikhlas memasukkan emailnya ke list opt-in anda dan mengkonfirmasi bersedia menerima newsletter dari anda. Nah bagi anda, jangan mentang2 opt-in listnya banyak trus ngirim newsletternya tiap hari, wedew…!!! nyebelin juga tuh. Bentar aja orang pada unsubscribe alias kabur dari opt-in list anda hehehehe. Jadi kita harus bijak , set aja seminggu sekali, sebulan sekali …eh tapi jangan setahun sekali ya…kelamaan.

Ok good luck bro…

0 comments: