Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Wednesday, October 20, 2010

Jangan Merendahkan Diri Terhadap Uang

Catatan Kehidupan Emha Ainun Najib

Sesungguhnya telah datang kepada kita beberapa kisah yang didalamnya terdapat cegahan dari kekafiran, dan itulah suatu hikmah yang sempurna.

Saya sering dianggap sombong oleh teman-teman saya karena saya selalu mengatakan bahwa saya "Tidak akan pernah mau hidup di dunia untuk mencari uang". Jadi saya tidak pernah mencari uang, saya menulis, mungkin saya bikin puisi, mungkin kadang-kadang saya bermain musik, mungkin kadang-kadang saya melakukan apapun yang diminta masyarakat. Tapi Saya Tidak akan pernah melakukan apapun di dunia ini untuk mencari uang, Artinya; Uang harus hanya menjadi efek moral dari sebuah pekerjaan.


Kalau anda nyetir , nyopir bis, itu meskipun anda ndak nyari uang anda dapat bayaran. Maksud saya Anda tidak perlu menjadi makhluk yang merendahkan dirinya dengan mengejar-ngejar makhluk lain yang namanya uang, karena anda lebih tinggi dari uang. Yang kita perlukan adalah bagaimana supaya kita menjadi sebuah kepribadian dengan sifat, sikap dan perilaku yang membikin uang mengejar kita.


Jadi misalnya apa yang disebut amanat, amanah ya. Jadi orang merasa aman sama anda. Kalo orang nitipin motor ke anda, orang percaya motornya nggak akan rusak, nggak akan dipake yang enggak-enggak. Orang menitipken jabatan kepada anda, orang merasa aman kepada anda, itu disebut Mukmin kalo dalam Islam. Asal anda bikin orang aman, anda bisa dipercaya, anda membikin segala sesuatu stabil, maka anda tidak perlu cari uang. Karena uang akan sibuk mencari anda.


Jadi itu yang saya maksudkan, jangan ..... ehm...menurut saya jangan menyibukkan diri dengan.....SIBUK HATINYA, FIKIRANNYA, DARAHNYA, EMOSINYA, BATINNYA, JIWANYA, SHOLATNYA, HAJINYA...... untuk mencari uang. Karena derajatnya uang itu yang mencari anda, Anda derajatnya adalah dicari oleh dunia. Anda tidak punya derajat yang rendah untuk mencari dunia, kalo menurut Alloh seperti itu.


Jadi sesungguhnya dengan anda tidak terlalu.. ee.. berkonsentrasi mencari uang, sesungguhnya potensi uang yang datang kepada anda jauh lebih banyak daripada kalo anda sibuk mencari uang. Ini ekonomi cyclical namanya.....


EmHa Ainun Najib untuk Delta FM

4 comments:

pakwie said...

sangat setuju dengan tulisan ini

Moel ajaya said...

betul.. Walau pun hidup perlu uang namun uang bukanlah segala2nya.. Uang bukan Tuhan
http://usahamoelonline.blogspot.com

kerja online said...

setuju sob...;)

ABas said...

Mantap... Kerja Online dapat income.. :D, tingkiu bro sharing@