Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Saturday, May 12, 2012

Pengalaman mencairkan cek Commission Junction

Cek dari Commission Junction telah datang via Pak Pos, awalnya saya kira akan dikirim melalui FeedEx eh ternyata via Pos. Syukurlah gak kena charge tambahan untuk biaya pengiriman FeedEx. Cek dari Commission Junction (CJ.com) ini diterbitkan oleh Wells Fargo Bank N.A. Seperti biasa CIMB Niaga adalah pilihan saya untuk urusan pencairan cek dari bisnis online, layanan Inkaso Valasnya gak ribet, oh ya layanan pencairan cek internasional semacam dari Wells Fargo dinamakan layanan inkaso valas (info dari mbak CSnya CIMB Niaga). 

Prosedurnya, kita harus membawa foto copy KTP atau ID card yang ALAMATNYA HARUS SAMA dengan alamat yang tertera pada cek tersebut, kemudian kita isi form yang disediakan (jangan kuatir Mbak CSnya ramah banget untuk memandu kita mengisi form). Di tabungan CIMB Niaga kita harus ada saldo paling tidak Rp 200.000,- atau Rp 300.000,-, karena biaya Inkaso Valas akan langsung didebet dari rekening kita. Report yang tertera di laporan transaksi CIMB click saya adalah sebagai berikut: 

SA MISC CHARGES
Charges INK BY INKASO LN WELLS FARGO BANK 293826
Debet (IDR): 92.030,00

Biaya Inkaso valas sebesar Rp 92.030,- itu tergantung nilai kurs USD vs IDR saat itu. Kalo gak salah rate chargenya $10. Nah setelah isi form, kita bayar materai Rp 6000,- (bisa bawa materai sendiri), jangan lupa tanda tangan dibalik cek tersebut (tanda tangan 2 kali). Udah gitu aja proses administrasi pencairan cek CJ.com di CIMB Niaga, gak ribet gak banyak nanyak. Sebelumnya saya coba ke Bank Mandiri dan BRI, eh mbak CSnya malah gak mengenali cek dari Wells Fargo Bank, dan dia tanya-tanya dulu ke atasannya. Gak mau ribet akhirnya konsultasi sama temen sesama IM disarankan ke CIMB Niaga. 

Untuk proses pencairan cek dari CJ.Com di CIMB Niaga membutuhkan waktu, paling tidak satu bulan dana dari cek tersebut baru masuk ke rekening kita. Saya sendiri memasukkan cek tersebut untuk diproses pada tanggal 09 Maret 2012 dan dana baru masuk ke rekening pada tanggal 11 April 2012. Nilai cek yang saya terima dari CJ.Com tidak banyak, hanya sejumlah $315. Dan dana yang masuk ke rekening CIMB Niaga sesuai laporan transaksi dari CIMB Click adalah: 

SA CR GL DR INKASO VALAS
CEK:293826 USD299.30

Ya, yang saya terima : $299.30. Pikir saya ini potongan apalagi? Tapi biarlah, kita juga ndak tahu proses di Wells Fargo-nya kayak apa. Yang penting bisa cair dan kerja online promosi produk-produk Commission Junction tidak sia-sia. Semoga info ini berguna bagi yang baru dapat cek dari CJ.Com

1 comments:

Duitech said...

Nice Post, Numpang copas bro dengan sedikit modifikasi dan mencantumkan sumber.