Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Tuesday, March 16, 2010

Bagaimana meriset suatu keyword

Sharing lagi ya bro. Meriset suatu kata kunci atau keyword merupakan hal yang mutlak diperlukan untuk proses optimasi SEO. Tanpa komponen ini, upaya Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik dalam search engine akan sia-sia. Kesalahan meriset suatu keyword bisa berakibat tidak ada seorangpun yang melihat atupun mengunjungi website/blog melalui search engine.

Proses riset keyword/kata kunci dapat dibagi menjadi beberapa tahapan:
  1. Pikirkan dari apa yang akan diketikkan calon pengunjung bila mencari informasi tentang sesuatu yang anda tawarkan dalam website anda, entah itu jasa, produk maupun informasi lainnya. Buat daftar kata kunci yang mungkin diketik calon pengunjung melalui search engine termasuk ejaan alternatif, susunan kata, sinonim, dll.
  2. Survey keyword yang relevan untuk website anda 1 tahun yang lalu, 2 tahun atau bahkan lebih. Intinya perlebar riset anda untuk mendapatkan kata kunci dengan topik sejenis pada masa lalu. Hal ini adalah cara yang baik untuk memperluas daftar kata kunci. Banyak tools yang men yediakan fasilitas tersebut, sehingga blog marketing ataupun website anda memiliki konversi traffic yang tinggi dari keyword yang diriset.
  3. Beberapa tools untuk meriset keyword tersedia banyak secara gratis di internet seperti, Google Adwords Keyword Tools, Google Trends, Google Insight Search, Wordtracker, Ebay Pulse, Amazon Bestsellers, AOL Hot Search, Shopping.com Top Search dan lain sebagainya (silakan googling sendiri) . Menggunakan tool-tool tersebut dapat memberikan data konkret tentang trend dalam pemilihan kata kunci.
  4. Langkah selanjutnya adalah untuk menciptakan sebuah matriks atau tabel untuk menganalisis istilah dari kata kunci (keywords) yang Anda yakini berharga dan membandingkan traffic pencarian yang dihasilkan, relevansi dan kemungkinan konversi untuk masing-masing keywords. Langkah ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan kata kunci yang terbaik sesuai target website/blog topik. Untuk mengukur kompetitor dari keyword yang telah anda tentukan, bisa menggunakan SEOmoz Keyword Difficulty Tools. SEOmoz akan membantu menganalisa memberikan analisis rinci tentang situs ranking teratas di Google dan Yahoo.
Setelah melakukan riset dan memperoleh listing keyword yang anda yakin terbaik untuk website/blog anda, silakan diimplementasikan. Kemudian melakukan analisis actual konversi traffic yang dihasilkan. Kemudian lakukan perbaikan bila perlu.

Cara tersebut diatas juga berlaku untuk penulisan posting content Blog Marketing. Moga manfaat meski agak ribet, kalo udah terbiasa riset keyword hanya butuh 15 menit aja kok.

0 comments: