Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Thursday, February 26, 2009

Tentang Paypal di Indonesia

Paypal di Indonesia sudah demikian dikenal luas, terutama bagi mereka yang kerap melakukan transaksi online via internet. Ya, Paypal adalah sarana transaksi tercepat dan terpercaya di dunia maya. Sebagai sebuah perusahaan broker transaksi online terbesar, Paypal telah dipercaya berbagai merchant di seluruh dunia, coba anda sesekali mampir di eBay (online auction) disana hampir semua transaksinya menggunakan Paypal. Nah bagaimana dengan Paypal di Indonesia?

Rasanya sudah telat saya posting tentang ini, karena begitu banyak blog yang menulisnya. Karena untuk melengkapi posting saya sebelumnya tentang "passive income sebagai penulis online berbayar dollar via Paypal" , perlu kiranya saya sisipkan sekilas tentang Paypal, berdasarkan pengalaman yang saya alami selama memakai jasa Paypal.

Saya mendaftar Paypal pada September 2007, awalnya saya gak tahu detail dgn system Paypal ini, saya pikir gak ada bedanya dengan E-Gold, Liberty Reserve atau lainnya. Jadi saat registrasi saya masukkan email saya sekenanya, baru ngeh ....ternyata email tersebut akan menjadi semacam user id/nomor rekening kita di Paypal. maksudnya begini, bila ada orang mau transfer ke Paypal anda, dia pasti akan bertanya "email Paypalnya apa?" nah lho, jadi bila berniat daftar untuk buka account di Paypal kalo bisa jangan email iseng, lebih baik lagi kalau email yang baru dan gak usah dipublikasikan, dalam arti gak usah dibuat share ama temen-temen atau dibuat ngedaftar program-program online lainnya di Internet. Buat email tsb privat, Paypal only.

Sekitar 6 bulan saya udah nggak ngurusi Account saya di Paypal, saldo $0 gak ada transaksi apapun karena saya emang nggak ngerti cara pakainya. Status member saya masih "Non Verified", maksudnya belum terverifikasi. Kalo menurut pengertian saya sih, account kita belum jelas kebenarannya dalam hal alamat, nama dan lain-lain. Ini yang membuat Paypal kita hanya bisa buat nrima transferan dan transfer uang doang, itupun dibatasi cuman bisa transfer sampai terakumulasi $100 saja setelah itu gak bisa lagi). Pada bulan Maret 2008, saya mendaftar beberapa program money making, dan rata-rata mereka menggunakan Paypal sebagai alat transaksinya. Daripada buat account baru akhirnya saya masukkan id Paypal saya yang "ngangkrak" (terbengkalai). Bulan Juni 2008 , ada email masuk dari Paypal, yang memberitahukan bahwa ada dana masuk ke account saya. Hal ini berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Paypal terisi, tapi bingung nyairinnya. Tak biarin aja, sampai akhirnya saya baru tahu bahwa Paypal sudah bisa dicairkan melalui bank-bank lokal di Indonesia, dan yang membuat makin muantab, sekarang Paypal juga support bahasa Indonesia.

Syarat agar Paypal bisa dicairkan ke rekening kita di bank Lokal adalah account Paypal kita harus sudah "verified" sudah terverifikasi. Caranya kita harus menambahkan data kartu kredit kita ke account Paypal. Wuuaah... saya kembali bingung, karena saya paling benci ama credit card, bukan benci ama VISA, MasterCard, tapi benci bila saya tidak bisa mengontrol penggunaannya "takut ngutang". Tapi akhirnya ada solusi, saya pakai Virtual Credit Card (VCC), tujuannya ya cuman untuk verifikasi aja, harganya murah kok. Saat saya mengetik posting ini, VCC verifikasi bisa dibeli dengan harga Rp 75 ribu saja. Cari broker penjual VCC juga harus hati-hati, yang penting bisa dipercaya dan bisa ngebantu kita dalam urusan administrasi sama Paypal. Anda bisa menemukan seller VCC di forum-forum semacam kaskus,adsense-id dll, bila anda nemu yang lebih murah ya monggo asal hati-hati VCC sekarang banyak yang diblacklist). Gak sampai 10 menit setelah transfer dengan panduan via YM, Paypal saya sudah verified.

"Update 28 Maret 2012: Berhati-hatilah memilih VCC, VCC sekarang banyak yang diblacklist, akibatnya Account Paypal bisa kena Limit. Banyak cara untuk verified. Infonya bertebaran di Google. Coba deh ketik kata kunci berikut pada Google Search:
cara verifikasi paypal site:kaskus.us (untuk mencari topik yang dimaksud di forum kaskus, untuk forum atau situs lain silakan ganti sesuai selera anda, usahakan cari thread baru 3 bulan terakhir)". Bila terpaksa menggunakan VCC karena tidak punya credit card, disarankan menggunakan VCC AVS (yaitu VCC yang support Address Verification System). Banyak yang jual VCC AVS kok di Kaskus. Good luck."

Setelah verified, saya segera memasukkan nomor rekening saya di BCA ke account Paypal. Langkahnya masuk menu "profile" kemudian klik "Add/Edit Bank Account". Masukkan nama, nomor rekening BCA, Bank code (utk BCA 014) kemudian kode BCA cabang atau Cabang pembantu di kota anda (info ini silakan lihat di Situs resmi BCA ). Karena saya tinggal dikota Mojokerto, dan kode Cabang Mojokerto adalah 0050 maka BCA mojokerto code lengkapnya 0140050 . Nah code 0140050 inilah yang saya masukkan pada form Bank Code di account Paypal saya, kode ini harus 7 digits). Yang harus diperhatikan, nama dan alamat bank anda harus sama dengan nama dan alamat yang ada di account Paypal anda, bila gak sama bisa gak cair dan butuh waktu lagi untuk mengurusnya dengan pihak Paypal. Jadi berhati-hatilah bila memasukkan data diri di Paypal, harus akurat atau paling tidak harus sama persis dengan rekening bank atau credit carad (bila punya credit card). Minimal penarikan $10, caranya cukup klik "Withdraw" kemudian pilih "Withdraw funds to your bank account". Penarikan dibawah Rp 1.500.000,- kena charge Rp16.000,-. Diatas Rp1,5 jt gratis (free of charge). Nah setelah itu tinggal isikan jumlah dana di Paypal yang ingin anda cairkan, submit dan confirm. Beres deh. Tunggu 2-4 hari, pasti udah cair. Sebagai gambaran, saya withdraw Senin pagi, hari Kamis malam udah nongol dananya di BCA saya. Untuk penarikan dengan bank selain BCA silahkan Googling aja ya, karena emang saya pengalamannya cuman pake BCA, tapi prinsipnya sama aja kok. Bagi saya, untuk urusan transaksi online saat ini Paypal is the best buat bisnis online.

1 comments:

Geo said...

Thanks ulasannya, sangat bermanfaat.