Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Monday, December 29, 2008

Strategi menghadapi Bad Boss

Bekerja di sebuah perusahaan yang notabene Ikut Orang, cepat atau lambat kita akan menghadapi bos yang buruk, ya "Bad Boss". Menjengkelkan, terkadang kita kucing-kucingan dengan boss tersebut. Alasannya, ya males bila harus bertemu muka dengan Bad Boss tersebut.

Boss, coba kita pahami lebih dalam. Dia hanya manusia biasa, sama kayak kita. Berpotensi punya masalah dan hari buruk di kesehariannya. Cuman karena stempelnya sudah Bad Boss, jadi dia tidak bisa memilah masalah pribadi dan ketidakmampuan pribadinya secara bijaksana. Bisanya ya mencari pelampiasan kepada anak buah dengan berbagai cara, menyalurkan kekesalannya dan menutupi kebodohan serta ketidakmampuannya.
Sedikit strategi tentang cara berurusan dengan bad Boss :
Kelola situasi, jangan biarkan situasi atau keadaan menguasai anda. Tunjukkan perilaku, sikap dan tutur kata positif di hadapan boss. Fokus pada karir dan pekerjaan anda, jangan mudah terpancing statement boss yang tidak relevan dengan pekerjaan, arahkan secara positif dan konstruktif. Harus diingat, mau gak mau dia adalah boss kita. Top management tidak melihat kita, tapi melihat boss kita. Jadi sebisa mungkin kata-kata yang kita ucapkan selalu mengarahkan perilaku dan pikiran boss yang negatif ke positif. Kata orang positif thinking gitulah. Kalo bosnya masih waras, saya yakin dia akan enggan berlama-lama dengan anda, bisa jadi karena segan atau malu dengan sikap negatifnya. Lama-kelamaan pikiran, sikap dan perilaku boss yang negatif terhadap anak buah akan berkurang. Eiit , tapi kalo misalnya bossnya salah dan ketahuan anda, jangan ditunjukkan di depan org banyak, cukup sampaikan secara private.

Berikut adalah 5 Ciri Bad Boss
Idiot.
Idiots... ya memang idiot. Kadang membuat Anda heran bagaimana orang seperti dia bisa menduduki posisi manajer. Mereka tidak pernah membuat keputusan bila ada masalah, ada dan tiadanya gak ngaruh, cara berpikirnya polos dan bodoh. Sangat sulit untuk memahami bagaimana mereka berpikir, akibatnya Anda tidak dapat mengantisipasi apa yang mereka inginkan dari Anda. Tindakan terbaik menghadapinya adalah jaga jarak anda sejauh mungkin, jauhi masalah dengan dia dan berharap (berdoa) orang tersebut segera dimutasi oleh perusahaan. Tetapi anda masih perlu membuat mereka terlihat baik.
Tukang Tikam.
Bos tipe begini sukanya menikam dari belakang. Didepan anda dia memuji anda dan berakrab ria dengan anda, tapi di belakang anda dia dengan semangat "NGRASANI" (menceritakan keburukan-keburukan) anda. Jangan terlalu sakit hati, coba sering minta berbicara secara pribadi, bila bos tersebut bergossip tentang anda. Tunjukkan fakta-fakta dari gossip dia dengan kata-kata lunak, jangan emosi. Mungkin tidak mengatasi masalah, tapi setidaknya mereka akan mengetahui posisi Anda. Dan bila anda sering bicara private bila ada gossip baru, saya yakin intensitas si Penikam untuk bergossip tentang anda akan berkurang, dan boleh jadi dia akan mencari sasaran baru (anak buahnya yang lain). Ingatlah teman, karena sudah tabiat, Bos penikam tidak akan bisa berhenti bergossip. jadi waspadalah!!!!! (halah kayak bang Napi....)

Senang jadi pusat perhatian (suka pujian)
Mereka merasa berwibawa dengan jabatannya, mereka suka memberi petunjuk kepada anak buahnya untuk dilaksanakan. Sangking banyaknya petunjuk membuat anda risih, bos yang suka memberi ptunjuk biasanya tidak tahu kondisi lapangan. Sehingga bisa atau tidak petunjuknya diterapkan di lapangan dia juga tidak tahu. Yang penting memberi petunjuk biar jadi pusat perhatian. Menghadapi bos kayak gini lebih mudah, cukup selesaikan pekerjaan yang dia instruksikan, dan pujilah petunjuknya yang hebat itu, saya yakin hubungan anda akan semakin baik dengan bos tersebut dan pasti akan diprioritaskan menjadi yang terbaik pada saat kenaikan gaji nanti. Jangan lupa untuk memakai kata-kata yang menyebutkan "Bapak adalah pemimpin tim kami,bahwa proyek ini berhasil, karena petunjuk dari bapak." wuihh pasti bonus akan segera dicairkan tuh.. mak nyuusss

Model Orang Tua
Type Bos ini "over protective" , selalu memastikan bahwa dalam setiap pekerjaan, anda sebagai anak buahnya tidak beresiko membuat kesalahan. Sayangnya, bos jenis ini tidak akan memungkinkan Anda untuk tumbuh dan berkembang secara baik dalam pekerjaan. Cara terbaik untuk bekerja dengan bos jenis ini adalah, mintalah bos anda untuk terus mendorong anda untuk suatu perubahan dan tanggung jawab dalam pekerjaan anda. Intinya adalah jika Anda ingin bermain dengan orang tua, buatlah mereka bangga dengan Anda.

Agak gila dan Pemarah
Mereka itu ibarat sekering listrik, cepet banget putusnya. Sedikit saja tidak berkenan di hatinya mereka akan mengumbar amarah dan cacian. Tidak ada pemahaman atau arahan yang jelas untuk menghadapi bos tipe ini. Karena biasanya orang yang cepat marah tidak punya planning dan rencana ke depan yang lebih baik. Jangan terlalu merendah dan bersitegang dengan dia, lakukan pekerjaan sepeti biasa, lebih banyak diam. Pelajari situasi sebelum mengeluarkan opini anda. Cara menghadapi bos gila dan pemarah adalah gabungan dari 4 strategi diatas.

Nah dari type Bad Boss diatas, type manakah boss anda? Kalo tidak ada diatas, bersyukurlah dia berarti bukan kategoi Bad Boss. Tapi kalo anda sudah tidak kuat menghadapi boss anda lagi karena situasi yang kritis dan benar-benar tidak kondusif perlu dipertimbangkan untuk mencari kerja ditempat lain.

catatan:
Image diambil dari situs cnn.com

0 comments: