Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Saturday, January 23, 2010

Tips aman memakai ATM dan cara kerja skimming

Berikut adalah tips aman memakai ATM agar kita terhindar dari pencurian data digital kartu ATM melalui skimming yang ujung-ujungnya uang tercuri dari rekening tanpa kita sadari. Skimming adalah suatu proses pencurian data digital kartu ATM melalui alat skimmer yang ditempelkan pada mulut ATM tempat kita memasukkan kartu ATM.


Langsung saja tipsnya sebagai berikut:
  1. Salah satu ciri alat skimmer telah ditempelkan pada mesin ATM adalah, apabila kita tidak melihat pendar cahaya Lampu LED ketika memasukkan kartu ke mesin ATM. Bisa jadi lampu LED tersebut tidak kelihatan pendar cahayanya karena telah tertutupi oleh alat skimmer.
  2. Bila ada tempat brosur yang mungkin menempel di dekat ATM, waspadalah. Bisa jadi ada kamera tersembunyi disana yang akan mengamati gerakan jemari saat kita menekan tombol ATM guna memasukkan nomor PIN.
  3. Biasakan menggunakan ATM yang dekat dengan kediaman atau kantor , sehingga kita hapal dan familiar dengan situasi dan cara mengoperasikannya. Jadi begitu ada kejanggalan pada mesin tersebut kita bisa mengetahui dengan cepat untuk kemudian melaporkannya kepada Bank atau yang berwajib.
  4. Sebisa mungkin menggunakan ATM yang ada di dalam area kantor Bank atau toko yang ramai orang, karena keduanya merupakan lokasi ATM teraman.
  5. Sasaran empuk para pencuri data pribadi kartu (identity theft) adalah ATM drive-through, dimana saat makai sering terburu-buru karena banyaknya pengantri dibelakang. So sebaiknya dihindari dan cari ATM lain. Kalaupun terpaksa mohon amat sangat berwaspada, cek apa ada bekas lem/isolasi pada tombol keypad dan mulut ATM tempat masukin kartu. Jangan lupa kita katakan kepada pengantri di belakang untuk maklum bila terasa lama, karena boleh jadi langkah kita juga membantu mereka agar tidak ikut kecurian. Bila ada tempat brosur, ambil dan taruh dibawah aja dulu.
  6. Bila pada ATM ada tulisan “out of order” atau “out of service” kemudian uang kita tidak keluar padahal telah terlanjur memasukkan Kartu dan PIN, segera hubungi bank dan minta blokir secepatnya (CS ATM biasanya online 24 jam)
Tips diatas adalah rangkuman dari tips Dan DeFellipi, dia adalah mantan pelaku skimmer level internasional yang kini telah kapok setelah tertangkap polisi USA pada tahun 2003. Kini dia bekerja sama dengan aparat penegak hukum guna membongkar jaringan cybercrime.

Berikut Link video yang bersumber dari youtube tentang teknik dan cara kerja card skimming.

ATM Machines affixed with Skimming Devices

Semoga bermanfaat

0 comments: