Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Sunday, April 12, 2009

Enak mana wordpress.com atau blogspot.com

Pertanyaan semacam ini pernah terlintas di benak saya, dan akhirnya saya temukan jawabannya dari teman-teman forum. Berikut ulasannya, Wordpress dot com dan Blogspot dot com adalah 2 terfavorit yang menjadi rujukan para blogger. Baik blogger pemula, para master blogger, atau bagi blogger yang sekedar bikin dummy blog untuk mendukung blog utama mereka. Bahkan blogger iseng pun seneng memakai kedua blogging platform diatas. Why??? yup disamping gratis tentunya juga mempunyai kelebihan lain, yaitu keduanya search engine friendly. Mudah terindex search engine dengan hanya mengoptimasi keyword dalam setiap posting.

Nah sekarang yang jadi pertanyaan, enak mana sih Wordpress ama Blogspot? Jawabannya kembali kepada anda sendiri, sejauh mana kebutuhan dan kepentingan anda dalam membuat sebuah blog.

Kalo tujuan ngeblog buat bisnis online, semacam PPC (Adsense, Bidvertiser, Adbrite de el el), Affiliate program (jual produk orang lewat affiliate link) sebaiknya menggunakan Blogspot. Karena fitur-fitur Blogspot memungkinkan kita untuk menempatkan Script,HTML code dan affiliate atau referral link.

Kalo tujuan kita ngeblog untuk mempublikasikan opini, uneg-uneg, berita, tutorial dan lain-lain, saya rasa menggunakan Wordpress lebih good looking dari segi tampilan dan navigasi visitor. Karena Wordpress.Com yang gratisan itu tidak memberikan fitur-fitur yang support script atau html code bahakan anda akan dapat warning bila menempatkan link berupa code affiliate/referral (hal ini pernah terjadi pada saya)

Nah apapun kelebihan dan kekurangan keduanya adalah lebih baik bagi kita untuk mencoba keduanya, kecuali bila anda tidak ingin menggunakan kedua platform gratis diatas dan memutuskan untuk langsung membeli domain dan menyewa hosting sendiri.

Ada yang ingin menambahkan ??

Note:
Wordpress yang saya maksud di atas adalah Wordpres.com, sebuah platform blog gratis sebagai subdomain dari wordpres.com. (nama blog.wordpress.com contoh: rivermaya.wordpress.com). Bukan wordpress engine dari Wordpress.org, sebuah platform blog yang mengharuskan kita untuk mempunyai nama domain sendiri dan hosting sendiri.

0 comments: