Subscribe

Add to Google Reader or Homepage

Powered By

Powered by FeedBurner

Powered by Blogger

Friday, October 17, 2008

Mulailah dengan membangun sebuah blog

Melanjutkan postingan tentang " 10 cara berbisnis di Internet ", langkah awalnya adalah membangun sebuah blog. Untuk belajar sebaiknya kita memanfaatkan service gratis seperti yang disediakan oleh blogger maupun wordpress. Bila niat awal membuat sebuah blog untuk berbisnis atau mencari uang di internet, sebaiknya menggunakan layanan dari Blogger.Com, karena featurenya lebih lengkap, mudah mengoperasikannya dan support pada program-program making money yang banyak beredar diinternet. Terlebih blogger.com notabene adalah punyaknya Google Inc, jadi lebih mudah terindex di search engine.

Kebanyakan pemula seperti saya membuat blog adalah iseng belaka, semakin saya pelajari ternyata ngeblog adalah sebuah pekerjaan serius. Bila kita serius membangun dan merawat blog kemudian menganggapnya sebagai sebuah pekerjaan yang membutuhkan konsistensi, maka blog tersebut akan memberikan kontribusi finansial kepada kita. Seperti di luaran banyak orang bilang "blogging for money", ternyata hal tersebut adalah benar adanya, tapi tidak mudah untuk melakukannya.

Pengetahuan yang harus kita persiapkan untuk membangun sebuah blog adalah :
1. Benar-benar mengetahui apa itu blog
2. Mengerti tentang html code (yang penting tahu aplikasi praktisnya aja)
3. Mengerti tentang template blog atau tampilan sebuah blog.
4. Sekedar tahu tentang XML code, bisa belajar sambil praktek.
5. Judul blog dan diskripsi blog. Sebaiknya untuk blog bisnis kita menggunakan bahasa Inggris, sehingga lebih flkeksibel untuk mengikuti program-program making money yang rata-rata mensyaratkan "English Blog". Hmmm gak bisa bahasa Inggris, jawabannya belajar dan belajar. banyak tool di internet dan online translate yang bisa membantu kita. Mulai menulis blog dalam bahasa Inggris apapun hasilnya, karena yang terpenting adalah ide yang disampaikan dalam tulisan tersebut. (tapi nulisnya jangan kacau-kacau amat, yang penting orang bule baca bisa ngerti itu aja).

Kalo masih bingung juga, bisa kok belajar gratis ke Pak Budi, yang rela resign dari pekerjaan tetapnya dan menjadi full time blogger.

happy blogging guys.

0 comments: